Sejarah Singkat Perpustakaan Universitas Sangga Buana YPKP

Berdirinya Perpustakaan Universitas Sangga Buana tak lepas dari sejarah panjang berdirinya lembaga-lembaga pendidikan yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Keuangan dan Perbankan (YPKP). Berawal dari berdirinya Akademik Bank Nasional (ABN), karena perpustakaan didirikan bertepatan waktu dengan berdirinya Akademik Bank Nasional yaitu pada Tahun 1968. Pada tahun 1979 Akademik Bank Nasional berubah nama menjadi AKUBANK YPKP lalu kemudian berubah lagi menjadi STIE YPKP pada tahun 1985 serta mendirikan STT YPKP tahun 1994.

Pada masa STIE YPKP komitmen lembaga pada perpustakaan sangat tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan tersedianya sumber pustaka dalam jumlah yang sangat banyak serta memiliki kualitas dan kuantitas yang mumpuni. Khusus untuk sumber pustaka dengan tema keuangan dan perbankan, perpustkaaan STIE YPKP merupakan perpustakaan yang unggul dan menjadi pilihan utama para mahasiuswa yang sedang mencari sumber pustaka baik untuk bahan bacaan maupun pencarian referensi.

Pada saat STT YPKP berdiri komitmen lembaga pun tak kalah tinggi, lembaga menyediakan sumber pustaka untuk bidang keteknikan, pembaharuan dalam penyediaan pustaka terus dilaksanakan sebagai upaya lembaga dalam menjadikan STIE dan STT YPKP sebagai perguruan tinggi yang unggul.

Universitas Sangga Buana sendiri berdiri pada tanggal 14 Agustus 2006 setelah keluarnya Surat Keputusan Dikti Nomor 178/D/O/2006 tentang penggabungan STIE YPKP dan STT YPKP menjadi Universitas Sangga Buana.

Pada Tahun tersebut Perpustakaan menempati gedung baru yang terletak di Gedung E/ Gedung Perkuliahan lantai 5. Dengan keluarnya Surat Keputusan Dikti Nomor 178/D/O/2006 tentang penggabungan STIE YPKP dan STT YPKP menjadi Universitas Sangga Buana maka perpustakaan berubah menjadi UPT Perpustakaan Universitas Sangga Buana dengan SK Rektor Nomor : Skep-03/11.1.1-IX/2006 tanggal 01 Oktober 2006 tentang pembentukan Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Universitas Sangga Buana yang bertanggung jawab langsung kepada Rektor dan dan pembinaannya dilakukan oleh Wakil Rektor I.

Organisasi dan Tata Kerja Universitas Sangga Buana kemudian diperbaharui dengan peraturan menteri Pendidikan dan kebudayaan RI No. 72 tahun 2014 (Pasal 99-103). UPT Perpustakaan dipimpin oleh Kepala Perpustakaan bertanggung jawab langsung kepada Rektor, yang dalam operasionalnya berkoordinasi dengan Wakil Rektor Bidang Akademik

Hingga saat ini UPT Perpustakaan Universitas Sangga Buana terus berkomitmen untuk terus memperbaiki kualitas pelayanan dan terus mengupayakan penambahan sumber pustaka baik yang berupa cetakan maupun bentuk digital.

Scroll to Top